Membuat Media Pembelajaran yang Menarik dan disukai Murid

19 Nov 2021 | by Euis Julaeha, S.Pd.

Kondisi Pandemi menyebabkan munculnya Peraturan dari pemerintah agar guru dan Murid melaksanakan kegiatan pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar dari Rumah (PJJ/BDR). Kegiatan PJJ/BDR ini kemudian menimbulkan permasalahan dan keluhan. Diantaranya menyebabkan Murid mengalami kendala dalam menyerap pelajaran yang diberikan oleh guru secara daring. Karena Murid mengalami ketidaknyamanan saat mengikuti kegiatan PJJ/BDR. Hal ini terjadi diantaranya karena terkendala perangkat, kuota internet, sinyal, dan sebagainya. Rasa bosan juga menjadi salah satu penyebab murid tidak optimal dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru secara daring. Di sisi lain, Guru mengalami kesulitan untuk dapat memberikan materi pembelajaran yang dapat diterima dengan baik oleh para murid. Tidak sedikit dari guru yang mengeluhkan minimnya antusiasme murid dalam kegiatan PJJ/BDR ini, Banyak target kurikulum yang hendak dicapai tidak terpenuhi secara optimal. Sementara kegiatan PJJ/BDR masih harus berjalan terus 

Pada kondisi seperti ini, Sebagai guru saya mendapat tantangan untuk dapat membuat murid antusias dalam belajar dan materi dapat diserap secara optimal. Untuk itu saya mencari dan merancang pembelajaran yang asyik dan menyenangkan Murid, sehingga Murid antusias dalam belajar, dan materi sampai serta dapat diserap dengan baik. Diperlukan media yang diharapkan dapat membuat Murid merasa nyaman dalam belajar, selain mempunyai tingkat keaktifan yang tinggi sehingga Murid dapat menerima materi pelajaran dari guru dengan baik sesuai yang diharapkan. 

Memang di era abad 21  saat ini merupakan masa transformasi pendidikan dan sudah menjadi keniscayaan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Disisi lain, Banyak aplikasi atau program yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup atau dapat dimanfaatkan untuk membantu kegiatan sehari hari termasuk untuk kegiatan pembelajaran dan digunakan oleh semua kelompok termasuk para murid untuk kegiatan sehari hari. Untuk itu Saya mulai mencari media pembelajaran yang dapat digunakan dan menarik bagi murid. Selanjutnya setelah mempelajari beberapa media, akhirnya Saya memilih video dengan Aplikasi Whiteboard Animation (WBA) Explee untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang akan saya sampaikan kepada para murid di kelas. WBA Explee ini merupakan sebuah media pembelajaran yang materinya disajikan dalam bentuk video yang komunikatif dengan Papan Tulis virtual. Tidak hanya dapat menayangkan materi berupa gambar dan suara,  tapi juga disertai tulisan tangan secara virtual sehingga selain penayangannya merangsang mata dengan bentuk dan warna, juga ada suara dan tulisan yang mengiringi penjelasan materi sebagaimana layaknya guru menjelaskan di kelas menggunakan papan tulis. 

Setelah saya membuat video menggunakan aplikasi WBA Explee, selanjutnya video saya unggah di channel youtube milik saya yang kemudian link nya saya kirimkan kepada murid untuk disimak. Channel youtube saya gunakan karena mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sebagai umpan balik, saya manfaatkan kolom chat di youtube sebagai sarana komunikasi atau umpan balik dari murid. Ternyata pembelajaran menggunakan video hasil pengolahan di Whiteboard Animation (WBA) Explee dapat diikuti para murid dengan antusias dan semangat, dan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan. Para murid dapat mengikuti pemaparan materi dengan baik dan semangat, dan mereka tidak merasa bosan. Hal ini memotivasi saya untuk terus belajar dan mencari inovasi dalam membersamai murid memberikan pelayanan yang terbaik agar mereka dapat belajar dengan menyenangkan dan nyaman. Semoga selanjutnya saya dapat membuat media pembelajaran yang menarik dan disukai murid.

Simak Video Pemaparan Ibu Euis Julaeha