Asyiknya Mengajar Bahasa Jawa dengan Media Video

01 Dec 2021 | by Kingkin Winanti Nurdiana, S.Pd, M.Pd


Bahasa Jawa adalah pelajaran muatan lokal SMA Negeri 1 Piyungan. Siswa-siswi dalam mengikuti pelajaran Bahasa Jawa, khususnya materi upacara adat Jawa merasa berat. Siswa-siswi terlihat sering malas-malasan. Pembelajaran bahasa Jawa dirasa tidak menarik dan membosankan. Kondisi awal pembelajaran bahasa Jawa pada materi upacara adat Jawa adalah siswa-siswi kurang memahami prosesi upacara adat Jawa dan belum mampu menanggapi materi prosesi upacara adat Jawa dengan baik, hingga berdampak pada nilai yang kurang memuaskan.  Berkaitan dengan tujuan pembelajaran bahasa Jawa yang ingin dicapai adalah siswa-siswi mampu memahami prosesi upacara adat Jawa dan mampu menanggapi prosesi upacara adat Jawa.

Tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran adalah sulitnya menumbuhkan semangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Jawa. Pembelajaran bahasa Jawa masih dianggap sebagai momok yang menakutkan. Siswa sering merasa bosan karena pelajaran yang monoton. Hal-hal tersebut membuat sulitnya siswa-siswi menumbuhkan cinta pada pelajaran bahasa Jawa.

Dari berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi, pembelajaran yang saya lakukan ternyata telah membuat siswa bosan dan jenuh. Selama ini, saya menggunakan media pembelajaran beruba buku maupun teks bergambar saja dalam materi pembelajaran upacara adat Jawa. Ketika mengikuti pelatihan Wardah Inspiring Teacher 2021, saya banyak belajar banyak hal. Akhirnya, saya mencoba untuk membuat media video sebagai strategi menghadapi permasalahan yang dialami siswa. Video tersebut berupa pemaparan tentang teori upacara adat Jawa dan contoh secara nyata video upacara adat Jawa mitoni (tujuh bulan kehamilan ibu dalam budaya Jawa) sesuai dengan kompetensi dasar pelajaran bahasa Jawa kelas XII SMA. 

Respon siswa ketika pertama kali menyimak materi upacara adat Jawa dalam bentuk video adalah mereka sangat kagum dan tertarik, banyak yang menyimak dengan rasa penasaran tingkat tinggi. Ternyata, media video pembelajaran upacara adat membuat anak-anak semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran. Melihat video, baik berupa pemaparan teori serta visual video contoh nyata upacara adat Jawa, dapat mempermudah siswa dalam penyerapan materi. Banyak siswa berkomentar bahwa pembelajaran bahasa Jawa sangat mengesankan dan bermanfaat. Perubahan atau dampak pada siswa-siswi adalah semakin semangat belajar bahasa Jawa, serta siswa-siswi sangat mampu memahami dan menanggapi prosesi upacara adat Jawa. 

Strategi-strategi tersebut ternyata dapat dikembangkan lebih luas lagi. Setelah siswa selesai menyimak video, mereka lebih memahami dan mampu menanggapi prosesi upacara adat Jawa, sesuai kompetensi dasar kelas XII. Selanjutnya, tantangan untuk para siswa adalah membuat pemaparan tentang upacara adat Jawa di rumah atau wilayah masing-masing. Siswa membuat tantangan dalam bentuk video ataupun foto-foto yang menarik. Dari hasil tantangan siswa, mereka semakin memahami pelajaran bahasa Jawa, materi upacara adat Jawa yang asyik, menyenangkan, bermanfaat dan tepat guna. 


Simak video pembelajaran berikut ini