Alat Peraga GeoBoard untuk Pembelajaran Geometri Dasar yang Menyenangkan

01 Dec 2021 | by Tri Widyaswari, S.Pd.Gr

Salah satu harapan saya sebagai guru adalah dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, khususnya pembelajaran Matematika. Penekanan pembelajaran matematika terletak pada penalaran, pemecahan masalah, pembentukan sikap, dan keterampilan dalam penerapan matematika.

Selama ini saya sudah berusaha memotivasi murid untuk senang belajar matematika. Saya mencoba memahamkan pentingnya mempelajari matematika karena sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Namun ternyata apa yang sudah saya upayakan belum berhasil. Pelajaran Matematika masih menjadi “momok” yang harus dihindari dan mereka belum termotivasi untuk belajar matematika. 

Hal tersebut saya simpulkan dari observasi dan hasil refleksi yang sudah saya lakukan. Saya telah melakukan observasi pada masa pandemi Covid-19. Kondisi sekolah tempat saya mengajar tidak tersedia jaringan internet serta sarana dan prasarana yang mendukung, akhirnya pembelajaran dilakukan secara luring. Saya menggunakan hasil refleksi untuk menentukan pembelajaran yang tepat untuk murid.  Sesuai dengan karakteristik siswa SD yang lebih aktif saat mereka belajar. Belajar adalah melibatkan. ketika semua siswa terlibat aktif dan mereka merasa bahagia dalam belajar. Saya merasa bahwa perlu ada perbaikan perilaku dari murid. Hal-hal tersebut membuat saya tertantang untuk memperbaiki kualitas pembelajaran  yang  saya berikan dan berusaha secepatnya menemukan cara untuk menyelesaikan tantangan.

Saya mulai mencari cara, salah satunya dengan memanfaatkan kesukaan  murid pada kegiatan yang merangsang kinestetik. Maka cara yang saya lakukan adalah membuat pembelajaran dengan menggunakan alat peraga.  Saya memilih dalam bentuk alat peraga Geoboard (papan berpaku) agar mudah dipelajari serta bisa digunakan oleh murid. karena murid-murid menyukai kegiatan yang melibatkan dan menstimulasi kognitif, afektif dan kinestetik mereka.

Penggunaan alat peraga papan berpaku dalam pembelajaran matematika bangun datar sangat membantu, hal itu terlihat dari proses belajar menunjukan bahwa penggunaan media papan berpaku sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Suasana belajar menyenangkan, siswa lebih mudah memahami materi yang dipelajari guru lebih mudah dalam mengajar matematika karena kegunaan dari media papan berpaku adalah sebagai alat bantu pengajaran matematika di Sekolah Dasar untuk menanamkan konsep/pengertian geometri, seperti pengenalan bangun datar, pengenalan keliling bangun datar, dan menghitung/menentukan luas bangun datar (Rostina Sundayana, 2013: 126)

Cara Penggunaannya:

  1. Siswa dibentuk kedalam kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa 

  2. Guru meletakkan media papan berpaku ini di depan kelas, dapat digantung atau disandarkan dengan benda lain. Guru juga menyediakan sejumlah karet gelang dengan warna yang berbeda-beda. 

  3. Guru mendemonstrasikan secara klasikal cara membentuk bangun datar persegi dan persegi panjang 

  4. Kemudian masing-masing kelompok diminta untuk membentuk bangun datar sesuai dengan kreatifitas masing-masing kelompok pada media papan berpaku. 

  5. Dalam kelompok, Siswa diminta untuk menggambarkan hasil yang diperoleh pada kertas bertitik atau kertas berpetak. 

Sesuai harapan, anak-anak antusias mengikuti alur kegiatan belajar. Di akhir pembelajaran, saya ajukan pertanyaan mengenai perasaan mereka selama mengikuti pembelajaran dan mereka serempak menjawab, “Senang!”. Semoga apa yang sudah saya lakukan dapat bermanfaat bagi murid-murid saya dan dapat digunakan untuk pembelajaran kelas lainnya. Saya berharap semakin banyak guru yang menemukan cara untuk membuat murid senang belajar.

Simak video Bu Tri disini