Belajar Ciri - ciri Makhluk Hidup Sambil Bernyanyi

20 Nov 2021 | by Ridho Masruroh,S.Pd.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar murid secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kecerdasan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Proses belajar mengajar didasari dari suatu bentuk komunikasi atau penyampaian pesan dari guru kepada murid. Namun pada proses ini seringkali mengalami hambatan yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya perhatian murid pada saat guru menerangkan dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya ketidaktertarikan murid dalam belajar adalah dengan menggunakan Media Pembelajaran. Media pembelajaran dapat dijadikan alat bantu dalam proses penyampaian pesan antara guru kepada murid, dan dapat juga membuat proses belajar menagajar menjadi lebih baik dan menarik.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Nasional saat ini. Pada pembelajaran ini menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman dan belajar bermakna kepada murid.

Sebagai seorang guru saya menginginkan murid di kelas saya semangat dan memiliki motovasi belajar yang tinggi, tidak terkecuali pada pembelajaran tematik sesuai dengan kurikulum 2013 bahwasanya pembelajaran tematik itu mengarah pada pemahaman pada materi ajar. Saya sangat berharap murid saya aktif dan mampu mengikuti kegitan pembelajaran dengan baik

Sayangnya banyak sekali murid saya yang mengalami miskonsepsi terhadap pemahaman dan hafalan pada materi ajar yang saya berikan, mereka susah sekali memahami materi apalagi menghfalkannya, butuh waktu yang lama dalam menghafal materi ajar, hal ini menghambat kelancaran pada proses belajar mengajar.

Dengan demikian, maka sayapun mengevaluasi pembelajaran yang telah saya lakukan selama ini. Salah satu tindak lanjut dari evaluasi ini adalah saya mencoba mendekati dan mewawancarai mereka secara random agar saya mengetahui pembelajaran seperti apa yang mereka harapkan. Setelah mencermati dari hasil wawancara murid - murid serta keterkaitannya dengan prinsip pembelajaran tematik dan pengguanaan media pembelajaran, saya menemukan ide  untuk menggunakan Media Lagu pada proses pembelajaran selanjutnya.

Dengan menggunakan media lagu ini semua murid dapat belajar dengan suasana yang lebih menyenangkan, karena mereka bisa bernyanyi dan bergerak atau bergoyang sesuai dengan minat mereka, dan tidak terasa mereka juga sedang memahami ataupun menghafal materi pelajaran. Dari sini saya merasa terbantu dengan menggunakan media lagu ini, sebab penyampaian materi menjadi lebih mudah dan muridpun lebih cepat memahami maksud dari materi tersebut. Sehingga tujuan pembelajaran pada materi ini bisa terlaksana. Pada kesempatan kali ini saya mengusung materi ajar Tema 1 Subtema 1 tentang Ciri - ciri makhluk hidup. Berikut adalah syair lagu yang disesuaikan dengan materi :

Ciri - ciri Makhluk Hidup

Allah maha pencipta

Kubersyukur padaNya

Allah maha pencipta

Makhluk hidup semua

Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Adalah ciptaanNya

Mari kenali bersama

Enam ciri makhluk hidup ciptaanNya

Pertama bergerak

Kedua bernafas

Ketiga makan dan minum, sebagai sumber tenaga

Keempat tumbuh, menjadi lebih besar

Kelima berkembang biak,

Keenam peka terhadap rangsang

Mari kenali bersama

Enam ciri - cirinya

Makhluk hidup ciptaan Allah

Yang Maha Sempurna.

 

Alhamdulillah dengan Media Lagu semua murid begitu antusias mengikuti pembelajaran dengan bernyanyi dan bergerak, mereka termotivasi dan bersemnagat dalam menghafal dan memahami materi dengan mudah, sehingga pembelajaranpun menjadi semakin menyenangkan.

 

 

 

Catatan:

Tulisannya keren karena menggunakan media yang disukai murid. Sudah juga sesuai dengan format ATAP. Namun, tulisan baru 200 kata padahal yang diharapkan adalah 400-500 kata. Mohon untuk bagian AKSI bisa ditambahkan dengan proses pembuatan lagu atau contoh lagu yang diajarkan dalam kelas. Baik syairnya maupun materi yang diajarkan sehingga pembaca dapat menemukan inspirasi dari tulisan tersebut. Sukses selalu.[1] 


Simak Video RIDHO MASRUROH,S.Pd.