Modul Digital dengan Aplikasi Pages

19 Nov 2021 | by Suryani

Hampir 2 tahun pandemi dialami oleh semua orang. Pastinya dengan adanya pandemi corona ini membuat ruang lingkup semua orang terbatas, semua kegiatan dilakukan cukup dengan dirumah saja salah satunya dalam dunia pendidikan. Awalnya kegiatan belajar mengajar dilakukan di sekolah, murid dan guru datang ke sekolah melakukan pembelajaran di sekolah dengan materi, alat belajar dan fasilitas yang sama tentunya. Tetapi semenjak pandemi corona hadir di muka bumi ini semua aktivitas manusia berubah. Dalam bidang pendidikan tentukan dimana murid dan guru tidak lagi datang ke sekolah, pembelajaran berpindah ke rumah masing-masing yang dikenal dengan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Tahun pertama terjadinya pandemi pastinya para guru khususnya saya sangat kaget sekali dengan model dan strategi pembelajaran bagaimana yang harus disampaikan kepada anak-anak dalam PJJ ini. Dengan alat belajar yang terbatas maka saya melakukan PJJ dengan murid-murid saya. Hal yang sama dengan murid awal sebelum pandemi kemampuan teknologi murid pastinya tidak tergali. Alhamdulillah selama hampir 2 bulan saya di rumah melakukan PJJ, sekolah saya mengadakan pelatihan khususnya dalam bidang teknologi. Awal pertama saya belajar teknologi dimana sekolah saya mendatangkan narasumber dari luar yang memberikan pelatihan berupa cara menyampaikan materi melalui zoom, yaitu pembelajaran dimulai dengan diajarkan metode komunikasi saat mengajar melalui zoom beberapa fitur-fitur yang ada di zoom. Kemudian sekolah saya mengadakan pelatihan digital bekerjasama dengan konsultan pendidikan, beberapa guru diikutsertakan dalam pelatihan tersebut. 

Satu tahun pertama pandemi saya melakukan pengajaran dengan baik. Anak-anak melakukan pembelajaran dengan baik di rumah dan guru pun melakukan pengajaran di rumah. Sekolah dimana saya mengajar seperti biasa hal anak-anak belajar tiap hari dan bertemu guru melalui zoom. Guru menjelaskan dan memberikan materi kepada anak-anak di rumah menggunakan aplikasi zoom dan tugas yang diberikan melalui aplikasi google classroom. 

Tahun kedua pandemi Alhamdulillah sekolah saya membuka kelas khusus murid-murid digital, dimana murid-murid menggunakan alat belajar berupa ipad, murid-murid diberikan materi mengenai aplikasi digital. Dalam proses pembelajaran tahun kedua pandemi ini pastinya pengetahuan guru dan murid tentang teknologi bertambah. Dengan pengetahuan teknologi yang saya dapat saya menerapkan beberapa metode dan strategi pembelajaran kepada murid-murid. Salah satu yang saya terapkan pembelajaran dalam penggunaan aplikasi digital yaitu Pages. Dalam hal ini saya membuat modul digital dengan aplikasi Pages dengan materi siklus air. 

Dalam penyampaian materi siklus air dalam bentuk modul digital dengan aplikasi Pages ini membuat murid-murid antusias dan semangat dalam belajar. Dalam modul ini sangat menarik karena di sertai gambar, audio dan video. Murid-murid tidak hanya melihat materi dalam bentuk gambar dan tulisan saja. Kemudian saya memberikan tugas kepada murid-murid untuk membuat modul digital dengan Pages mengenai materi yang berkaitan. Murid-murid dapat membuat modul digital dengan alat belajar mereka masing-masing. Dengan kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kreativitas murid dalam penggunaan teknologi. 

Pada akhirnya dengan adanya pandemi corona sampai saat ini kita alami, tidak hanya berdampak negatif bagi semua orang, tetapi juga berdampak positif terhadap semua orang khususnya dalam bidang pendidikan yaitu menghasilkan kreativitas guru dan murid  serta peningkatan teknologi dalam pembelajaran.      


Simak Video Pemaparan Ibu Suryani