Pemahaman Kosa kata Melalui Vidio Pembelajaran Bahasa Inggris

19 Nov 2021 | by Afrita Susanti

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak dalam kehidupan kita, tak terkecuali dibidang Pendidikan. Sekolah yang dahulu riuh dan ramai dengan suara murid dan guru, kini mendadak sepi seperti mati suri. Semua aktifitas pembelajaran mendadak dilakukan secara jarak jauh, baik Daring, Luring bahkan Kombinasi dari keduanya.

Dan setelah hampir 2 tahun kita melaksanakan pembelajaran jarak jauh, sungguh banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Mulai dari mendadak IT sampai kebosanan yang melanda. 

Saya ibu Afrita, saat ini mengajar Bahasa Inggris di SMP Negeri 20 Padang. Tantangan yang saya hadapi dalam pembelajaran yang saya ampu, saya sangat ingin sekali murid saya mengerti dan paham dengan materi yang saya ajarkan meskipun dengan jarak jauh. Memang terkadang murid di sekolah saya beranggapan bahwa, pelajaran bahasa inggris ini susah dipahami dan sulit. Bahkan menjadi momok menakutkan bagi mereka.  Ini semua disebabkan karena kurangnya pemahaman dan kosa kata dalam bahasa inggris. Dengan begitu, saya merasa proses pencapaian Kompetensi Dasar akan berjalan lebih lama.

Bertolak dari tantangan itulah, saya beraksi membuat vidio pembelajaran agar pemahaman kosakata bahasa inggris murid-murid saya di SMP Negeri 20 Padang meningkat. Dengan harapan para murid mampu belajar dengan mudah dan menyenangkan.  

Namun, sebelum membuat media vidio pembelajaran, terlebih dahulu saya mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang akan saya lakukan. Kemudian saya buat peta empaty (mengidentifikasi profil murid). Setelah itu menentukan tujuan pembelajaran, strategi apa yang akan saya lakukan saat pembelajaran dan merancang cakupan materi yang akan saya ajarkan. 

Nah, agar pembelajaran Bahasa Inggris mudah diserap oleh murid, saya mendesain vidio  pembelajaran dengan mengkombinasikannya dengan dua bahasa , yaitu bahasa inggris dan indonesia pada tiap keterangan di materi. Kemudian saya juga menambahkan musik agar lebih menarik. Serta saya kombinasikan dengan vidio animasi yang saya download melalui yotube, terkadang saya buat sendiri melalui applikasi pembuatan animasi. Seperti Animaker, Plotagon dan lainnya.

Dengan begitu, apa yang saya harapkan akan memudahkan pencapaian suatu kompetensi berbahasa sekaligus meningkatkan pemahaman murid akan kosakata bahasa inggris. Vidio pembelajaran yang saya desain, kemudian di simpan pada chanel pembelajaran saya  di youtube. Jadi suatu kemudahan bagi saya saat pembelajaran. Saya cukup mengirimkan Link youtube-nya saja pada murid melaui whatsapp dan google classroom. 

Dari hasil pembelajaran melaui vidio, ternyata membuahkan hasil dan mengalami perubahan. murid merasa senang, termotivasi dan bersemangat dengan pembelajaran melalui Media Vidio Pembelajaran yang saya desain. Itu semua tampak pada hasil atau nilai latihan dan keterampilan yang saya berikan pada murid. 

Demikianlah pengalaman praktik baik saya dalam pembelajaran jarak jauh masa Pandemi Covid-19. Saya berharap pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi teman-teman guru lainnya. Terima kasih.

Simak Video Pemaparan Ibu Afrita Susanti