Scrabble Tenses

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Danik Lailatul Rohmah, S.Pd., SMP Al-Rahbini

´╗┐Profil Murid : Murid merasa terbebani dengan kegiatan hafalan terutama dalam belajar bahasa Asing. Murid mudah bosan dan sering mengantuk ketika pembelajaran.


Awal: Sasaran yang ingin saya capai adalah murid bisa menggunakan susunan kalimat Present Continuous Tense dengan benar. Tujuan pembelajaran yang ingin saya capai yaitu melakukan proses pembelajaran bersama murid dengan menyenangkan, salah satunya bermain game yang mana murid nantinya akan merasa tidak terbebani terutama dalam menghafal pola kalimat.


Tantangan: Murid saya mudah bosan, mengantuk dan kurang bersemangat dalam belajar, apalagi belajar bahasa asing. Sehingga saya tertantang untuk membuat media yang belum pernah digunakan oleh murid-murid, namun juga mudah dibuat oleh saya sendiri dan mudah digunakan oleh murid saya.


Aksi: Saya menyiapkan strategi belajar yang dikombinasikan dengan permainan. Di sini, saya membuat media permainan papan karena murid saya belajar dengan cara tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran dengan media tersebut sangat seru karena murid tertantang dalam menyusun kalimat menggunaan scrabble tenses dan mereka juga belum pernah memainkannya sebelumnya. Sehingga media tersebut merupakan hal baru bagi mereka. Tentunya murid-murid sangat senang dan antusias dalam bermain.


Pelajaran: Setelah menerapkan media tersebut, saya benar-benar menyadari bahwa belajar memang tidaklah harus dengan menghafal dan mengerjakan soal latihan secara terus menerus yang mana bisa membuat murid merasa tertekan. Murid senang belajar menggunakan media tersebut karena setiap kategori suatu kata memiliki warna yang berbeda, sehingga murid-murid akan terbiasa dengan pola kalimat berdasarkan warna.