KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI EKONOMI KELAS VII SMP

21 Nov 2021 | by Anna Mu’awana, S.Pd.

Media pembelajaran adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dari guru ke murid. Video merupakan media audiovisual yang menampilkan gerak serta berisi pesan berupa fakta.

Sebagai guru saya menginginkan murid di kelas saya semangat dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selama masa pandemi atau proses pembelajaran jarak jauh, kegiatan belajar mengajar di sekolah tempat saya mengajar jadwalnya masih sama yaitu dari pagi hingga sore hari, tetapi dilaksanakan melalui zoom meeting atau melalui website sekolah.

Namun lama kelamaan ternyata murid saya merasa sulit fokus belajar melalui layar (zoom meeting) dan merasa bosan dalam menjawab soal-soal kuis yang ada di website sekolah. Murid saya lebih suka menonton youtube pembelajaran dan mengakses video klip lagu K-Pop, game, marketing maupun channel vlogger-vlogger.

Saya mulai mencari cara, salah satunya memanfaatkan kesukaan murid, yaitu membuat pengajaran menggunakan video pembelajaran. Perlahan-lahan saya belajar otodidak membuat video, merekam suara, dan mengedit video. Kemudian video pembelajaran tersebut saya upload di youtube dan murid juga bisa menonton langsung di website sekolah.

Saya mengajak murid untuk menyaksikan “Video Pembelajaran Peran Kewirausahaan dalam Membangun Ekonomi Indonesia-IPS (Ekonomi) Kelas VII” dengan fokus. Dalam video pembelajaran tersebut tidak hanya materi yang saya sampaikan, terdapat pula beberapa pertanyaan terkait dengan materi ajar yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari serta tugas individu yang terkait dengan materi tersebut yaitu membuat sebuah hasil karya kreativitas dengan menggunakan bahan yang ada disekitar mereka, kemudian murid mempresentasikan hasil karyanya.

Tak disangka murid menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam belajar ketika memahami apa yang mereka suka.  Selain itu juga, murid dapat merasakan pengalaman belajar yang baru dimana mereka dapat menjawab langsung jawaban atas pertanyaan yang ada di video pembelajaran di kolom komentar youtube. Murid-murid pun semakin terasah kreativitasnya dengan membuat sebuah karya sesuai dengan materi yang disampaikan di dalam video pembelajaran. Tantangan yang saya berikan berdampak pada saat pertemuan kegiatan pembelajaran melalui zoom meeting, murid-murid bersemangat menyampaikan hasil karyanya di depan saya dan murid-murid lainnya sehingga pembelajaran tidak lagi hanya fokus pada saya namun juga pada murid-murid yang lain.

Murid-murid pun selalu menagih video pembelajaran berikutnya karena ada banyak kelebihan dari media video pembelajaran yaitu materi dapat diulang-ulang pada bagian yang kurang jelas atau belum dipahami oleh murid, sangat sesuai dalam penyampaian materi dalam aspek psikomotor, video lebih cepat dalam menyampaikan materi pembelajaran, serta video menunjukkan secara jelas semua tahapan dalam pembelajaran.

Pandemi banyak memberikan saya pengalaman yang luar biasa dan penuh manfaat, tertutama dalam menghadapi proses pembelajaran jarak jauh. Ternyata masa-masa yang dirasa sulit, jika ikhlas menghadapinya dapat membuat kita semakin kuat dan mau belajar sesuatu yang baru dengan penuh suka cita dan beribu manfaat. Salam Merdeka Belajar!

Simak Video Bu Anna Mu'awana disini