Review Pelajaran Dengan Menyenangkan Melalui Media 'Guess Me Card'

19 Nov 2021 | by Dian Pratiwi

A Pada pelajaran tematik yakni Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan , dan Matematika juga mata pelajaran english yang saya masukkan, saya mendapati murid saya kesulitan mengingat kembali materi yang mereka telah pelajari dan pahami pada pertemuan sebelumnya. Hal ini menimbulkan keresahan tersendiri bagi saya selaku pengajar mereka dimana saya sangat perlu mencari solusi alternatif agar murid saya dapat memngingat kembali pelajaran yang mereka telah pahami sebelumnya. Kemudian saya berpikir membuat media peraga yang mudah dipahami oleh murid saya dan dapat dengan senang hati dilakukan oleh mereka.


T Namun dalam proses pembelajaran saya mendapati siswa saya dapat mengingat lebih lama apa yang mereka pelajari ketika materi pelajaran tersebut dikemas dalam proses pembelajaran yang melibatkan mereka secara langsung. Pada awal pengenalan media peraga ini saya sedikit mengalami kesulitan dalam memahamkan aturan permainan pada games dengan menggunakan media peraga ini, sehingga membuat saya dan murid saya menghabiskan lebih banyak waktu dalam menjelaskan alur dan peraturan permainannya. 


A Strategi awal yang saya lakukan dalam mencapai tujuan belajar yang saya alami, yakni dengan mencari tahu lebih banyak tentang games interaktif yang berkaitan dengan kondisi yang dialami oleh murid saya. setelah mendapatkan ide saya langsung membuat medianya lalu kemudian di uji cobakan kepada murid saya secara bertahap sehingga mereka penasaran dan paham betul dengan skema permainan melalui media peraga yang saya buat. Pada hari pertama saya mengenalkan vmedia peraga yang saya miliki mereka heran juga penuh rasa ingin tahu media apa yang ditangan mereka, hal ini saya ketahui dari antusiasme mereka saya terus menerus mengajukan pertanyaan terkait media yang ada ditangan dan depan mereka masing – masing. Dimulai dari nama permainannya apa, ada berapa kartu yang saya punya, bagaimana peraturannya, bagaimana caraya agar saya dapat menang dan mengumpulkan pasang kartu dan lain sebagainya. Mereka juga menunjukkan respon yang postif setelah selesai bermain games antaranya “ gamesnya seru ms, saya jadi lebih muda mengingat pancasila dengan melihat gambar dikartunya” , “saya mulai ingat materinyaa ms” , “ah saya ingat jawabannya apa untuk pertanyaan ini ms” dst.


PSetelah mendapatkan media yang sesuai dan menerapkannya ke siswa saya, mereka jadi lebih mampu untuk dapat menyimpan memori review pembelajaran yang mereka pelajari dalam jangka waktu yang lama , juga mereka sangat bersemangat dan menantikan pembelajaran saya selanjutnya.  tak dipungkiri media yang saya buat juga terdapat kekurangan dan tentu menjadi tantangan saya selanjutnya . salah satunya soal yang saya sematkan pada setiap kartu lambat laun akan membuat mereka terbiasa sehingga kedepan mereka dapat dengan mudah  menjawab pertanyaan yang sebelumnya telah mereka kerjakan,  maka dari itu saya berefleksi untuk membuat soal yang lebih beragam dan kreatif lagi kedepannya sehingga membuat murid saya senantiasa merasa tertantang kembali ketika memainkannya akibatnya memori yang tersimpan adalah memori jangka panjang (long term) sesuai dengan tujuan awal saya membuat media peraga ini.


Lihat videonya Bu Dian disini...