Penggunaan Aplikasi Microsoft Sway untuk Belajar Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

19 Nov 2021 | by Desmarita, S.Pd

Saya  mengajar di kelas satu Sekolah Dasar.  Sekolah tempat saya mengajar  terletak di wilayah pedesaan. Pada umumnya murid kelas satu yang  baru masuk sekolah,  belum pandai membaca.  Bahkan ada murid  yang belum mengenal huruf. Hal ini karena murid belum diajarkan membaca ketika sekolah di Taman Kanak-Kanak,  Ditambah lagi  situasi pandemi yang menyebabkan belajar dilaksanakan dari rumah, sehingga murid lebih suka bermain dibandingkan belajar. Akibatnya keterampilan murid dalam membaca sangat rendah. Padahal keterampilan membaca diperlukan  dalam pembelajaran tematik agar murid dapat memahami  materi di buku tema.  

Rendahnya kemampuan  membaca murid ketika masuk Sekolah Dasar,  berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah.  Guru  belum bisa langsung mengajarkan  tema , melainkan harus fokus  mengajarkan membaca terlebih dahulu. Belajar membaca hanya dengan media buku   kurang efektif mendongkrak kemampuan  murid dalam membaca. Apalagi murid memiliki karakteristik yang beragam. Diperlukan bimbingan dan berbagai metode yang   menarik supaya murid termotivasi belajar dan bisa membaca.  Situasi pandemi Covid-19  dan kesulitan orang tua dalam membimbing murid belajar membaca di rumah  merupakan  tantangan bagi guru agar  mencari solusi terbaik. Kerjasama antara guru dan orang tua diperlukan untuk mengatasi kesulitan belajar murid.  

Sebagai guru, saya  berusaha mencari cara agar murid termotivasi belajar dan bisa membaca,. Saya  memilih media yang menarik dan sesuai untuk anak-anak usia 7 tahun. Pilihan saya jatuh pada aplikasi Microsoft Sway. Kebetulan saya pernah mengikuti TOT Guru Inovatif dari Microsoft.   Sway adalah sebuah aplikasi dari Microsoft yang  dapat digunakan untuk menjelaskan suatu  materi yang bisa ditampilkan  berupa teks, gambar, dan  video. Bisa juga digunakan untuk menyematkan soal-soal yang terlebih dahulu dibuat menggunakan Microsoft Form.  Saya memilih gambar yang menarik ,  huruf kapital, huruf kecil, dan suku kata.  Memilih video membaca yang dapat membantu murid belajar, serta menyematkan soal.  Media tersebut disimpan dalam bentuk link dan ditampilkan menggunakan laptop yang disambungkan ke slide proyektor . Saya mendampingi  murid belajar,  bertanya jawab tentang materi yang sedang dipelajari, memberi latihan dan praktek membaca,  kemudian  melakukan refleksi.  Selain untuk belajar di sekolah, link tersebut juga saya kirim kepada orang tua melalui Whatsapp grup kelas. Sehingga orang tua juga bisa membimbing murid belajar di rumah.  

Pertamakali menggunakan media ini, murid  tertarik melihat gambar yang ditampilkan. Tetapi  karena hanya  mengandalkan speaker laptop, suara media kurang terdengar. Kejelasan suara berpengaruh untuk membuat murid fokus. Oleh karena itu saya menggunakan speaker yang dibawa dari rumah, karena speaker yang ada di sekolah sedang rusak. Suaranya menggema di dalam kelas, membuat perhatian murid tergugah.  Apalagi ketika saya putarkan video  membaca,  murid  terlihat gembira dan ikut membaca bersama-sama.  Media ini mudah digunakan dan sesuai untuk murid  kelas satu. Materi  dapat dipilih dan  disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Orang tua pun dapat terbantu dalam membimbing murid belajar di rumah  dengan link yang saya kirimkan. Belajar dengan aplikasi Microsoft Sway dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif  dan kolaboratif. Murid terlihat antusias  belajar, mudah  mengenal huruf sehingga keterampilan mereka  dalam membaca  dapat meningkat. 

Contoh link pembelajaran menggunakan Microsoft Sway:

https://sway.office.com/AATklrikLlI5UQh3?ref=Link


Simak Video Pemaparan Ibu Desmarita, S. Pd