Panduan permainan Jejak Sepuluh

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Herlina Elisabet, TK SEKAR INDAH

Permainan Jejak Sepuluh ini diperuntukkan bagi anak usia 4-5tahun yang belum bisa membaca dan mengenal angka dengan baik. Pandemi ini membuat interaksi guru dan murid sangat terbatas. Anak sering kurang kooperatif saat pembelajaran daring. Anak juga bosan belajar yang melulu memegang pensil dan kertas.

Munculnya ide permainan Jejak Sepuluh berawal dari permainan engklek dengan beberapa perbedaan pada cara main dan tujuannya. Ketika anak terlibat dalam menentukan aturan main dan diajak bermain sesuai kesepakatan bersama sambil menggerakkan seluruh anggota tubuh, anak akan merasa lebih senang dan tidak merasa sedang "belajar". Anak pun tak perlu lagi menunggu lama orang tua pulang kerja untuk memainkan permainan ini karena bisa dilakukan tanpa gawai bersama siapa saja. Anak dapat berliterasi dengan memasangkan bunyi suku kata dengan benda sekitar serta lebih dalam mengenal lambang bilangan.

Dari permainan Jejak Sepuluh, beberapa anak ternyata menjadi lebih termotivasi untuk menulis juga. Mereka mengayunkan jarinya di udara membentuk huruf/angka. Beberapa bahkan ada yang segera mengambil crayon/spidol/pulpen untuk mencoba meniru menuliskan huruf/suku kata/angka yang mereka suka saat bermain. Selain itu, Permainan Jejak Sepuluh sangat bisa dikreasikan sesuai kebutuhan dan kondisi murid.