Bermain Asyik bersama Si Emis

20 Nov 2021 | by St.Suraidah.A.D.Datu,S.Ag,M.Pd

BELAJAR ASYIK BERSAMA “SI EMIS”

( SISTEM EKONOMI ISLAM )

E_MODUL BERBASIS BOOK CREATOR APP


Sebagai guru tentu mengharapkan pembelajaran yang diberikan kepada muridnya adalah pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran yang mudah dipahami dan menyenangkan sehingga murid dapat terlibat aktif dalam proses pembelajarannya.


Sistem Ekonomi Islam sebagai salah satu materi ajar yang memiliki cakupan materi yang cukup luas, banyaknya informasi yang harus disampaikan kepada murid dan tujuan akhir diharapkan murid dapat menerapkan prinsip prinsip ekonomi tersebut dalam kehidupan sehari hari terlebih di tengah maraknya transaksi transaksi ekonomi kontemporer yang harus dikaji dari sudut pandang islam. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk dapat mengajarkannya kepada murid.


Sementara itu rendahnya budaya membaca dikalangan murid terutama pada teks teks panjang, ketertarikan dan kebutuhan pada gawai yang mereka miliki jauh lebih tinggi dari minat baca mereka pada buku sekalipun saat pembelajaran di kelas berlangsung.


Saya mulai mencoba untuk mencari cara agar apa yang menjadi kesukaan mereka dapat diarahkan pada kesukaan belajar terutama pada materi prinsip prinsip ekonomi Islam. Bagaimana memasukkan materi pelajaran ke dalam gawai mereka yang dapat mereka buka kapan saja dan dimana saja tanpa mendownload aplikasi tertentu untuk membukanya. Tentu dengan tampilan yang menarik dan atraktif.


Saya lalu berfikir untuk membuat sebuah media berupa e_modul yang di dalam e_modul tersebut bukan hanya menampilkan teks saja tetapi memadukan dengan gambar, video, suara dan game sehingga lebih variatife dan interaktif. Semakin banyak indera yang digunakan oleh murid maka semakin banyak pengalaman belajar yang mereka dapatkan semakin mudah untuk memahami materi ajar.


E_modul berbasis book creator App ini adalah salah satu aplikasi yang dapat menggabungkan berbagai file dalam satu kesatuan berupa e_modul. Di dalam e_modul tersebut ditampilkan satu karakter yang menggambarkan sosok murid SMA dengan panggilan “Si Emis” yang merupakan singkatan dari Sistem Ekonomi Islam.


Pertama tama saya akan mengirimkan link e_modul ke para murid melalui WAG mata pelajaran dan menginformasikan ke murid untuk membuka link yang telah dikirimkan tersebut. Setelah murid menklik link yang dikirimkan tersebut maka akan tampillah “Si Emis” yang akan menemani murid belajar bersama tentang berbagai prinsip ekonomi Islam dengan terlebih dahulu menampilkan video pembuka dari guru mereka yang akan menyapa dan memberikan gambaran umum tentang e_modul tersebut, apa saja tujuan pembelajarannya, menampilkan peta konsep dan kompetensi yang hendak dicapai.


Pada penyajian materi jual beli ditampilkan video dari youtube tentang praktek jual beli di tengah masyarakat dan penjelasannya di dalam Islam, tidak lupa ayat yang terkait dengan jual beli berupa suara/sound murottal yang dapat diputar dan di dengarkan langsung oleh murid. Infografis yang dapat membantu murid untuk lebih mudah memahami karena ditampilkan secara singkat dan disertai gambar yang mewakili informasi tersebut. Pada bagian selanjutnya saya menyiapkan ruang diskusi dengan memberikan 5 contoh kasus untuk di diskusikan dengan menggunakan fitur breakout pada aplikasi teams atau pada aplikasi lain. Dan diakhir e_modul saya memberikan kuis dalam bentuk game dengan menggunakan aplikasi quizziz untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman murid selama proses pembelajaran dengan menggunakan e_modul “Si Emis”.


Dari hasil kuis yang diperoleh murid rata rata mencapai ketuntasan secara pengetahuan dan mereka merasa senang dengan menggunakan e_modul yang dapat mereka gunakan di gawai masing masing karena materi lebih mudah dipahami dengan adanya tampilan video, suara dan infografis tanpa melupakan gawai mereka.


Para murid sangat antusias dan senang dengan pembelajaran kali ini. Mereka sudah dapat mengidentifikasi jenis jenis transaksi jual beli yang boleh dan tidak boleh di dalam Islam dan siap untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.


Simak Video Pemaparan Berikut