Menggunakan Aplikasi Book Creator untuk Membuat Buku Digital Berbasis Multimodal

21 Nov 2021 | by Nita Oktifa

Di kelas yang saya ajar yakni kelas 1 Khalid Bin Walid, terdapat 28 murid. Kemampuan berbahasa Inggris murid di kelas saya ini sangat beragam. Ada yang sangat fasih dalam berkomunikasi, ada juga yang sangat kurang. Hal ini rupanya menimbulkan rasa kurang percaya diri pada murid yang kemampuan bahasa Inggrisnya kurang. Akibatnya adalah, anak-anak tersebut akan menarik diri dan terlihat kurang terlibat dalam proses belajar mengajar.

Buku Bahasa Inggris yang dimiliki murid terbilang cukup bagus dan sudah sesuai dengan tahap perkembangan murid. Namun hal yang cukup disayangkan adalah murid kesulitan mengulang pelajaran atau tidak dapat belajar melafalkan lagi saat di rumah karena buku tersebut tidak dilengkapi dengan CD atau perangkat audio lainnya. Orang tua juga berkeluh kesah karena merasa tidak memiliki kemampuan untuk memberikan pajanan yang benar terkait pelajaran yang telah diajarkan oleh guru di sekolah.

Untuk membantu murid yang memiliki kendala untuk mengulang pelajaran kembali, saya memikirkan media apa yang dapat membantu murid-murid ini. Kebetulan dalam sebuah pelatihan dikenalkan sebuah aplikasi Bernama Book Creator. Aplikasi ini memungkinkan untuk menggabungkan gambar, suara, bahkan juga video. Saya berpikir jika saya membuat buku digital berbasis multimodal sesuai dengan tema yang dipelajari murid, mungkin akan membantu murid mengulang kembali pelajaran di rumah. Mereka juga dapat mengulang-ulang audio yang ada dalam buku digital tersebut dan kemudian menirukannya.

Berikut ini adalah Langkah-langkah yang saya lakukan untuk membuat buku digital berbasis multimodal dengan tema my pets:

  1. Menuliskan target pembelajaran dan materi yang diajarkan

  2. Mencari gambar yang sesuai dengan tema

  3. Memasukkan gambar dan teks yang diperlukan pada aplikasi Book Creator

  4. Merekam suara

  5. Melakukan pengecekan terakhir sebelum media diberikan pada murid

Setelah semua proses selesai, saya menyalin link buku digital berbasis multimodal dengan tema My Pets. Dan siap untuk memberikannya pada murid.

Sayangnya, Ketika saya hendak memberikan link ini pada murid, tema My pets sudah terlewati. Namun demikian, saya tetap memberikan buku digital berbasis multimodal ini kepada beberapa murid yang menurut saya membutuhkan media tambahan untuk berlatih di rumah. Saya meminta tolong pada orang tua untuk mendampingi anak belajar dengan media tersebut. Setelah beberapa kali menggunakan media, orang tua menyatakan anak-anak menyukai belajar dengan media ini. Mereka juga menjadi lebih bersemangat pada saat belajar dan muncul keberanian untuk menggunakan kata yang dipelajari meskipun belum seaktif temannya. Namun bagi saya ini adalah awal yang bagus.  

Di masa yang akan datang, saya akan menyempurnakan media ini berdasarkan masukan dari siswa seperti memasukkan gambar yang lebih menarik dan menggunakan warna-warna yang dapat menambah semangat belajar mereka.