Pembelajaran Merdeka Belajar Melalui lagu

01 Dec 2021 | by Dra Purwati Idamaningsih

Pembelajaran Cerpen yang saya ajarkan terkadang susah dipahami apalagi ada beberapa materi yang mau tidak mau siswa harus menghafal dan memahami unsur -unsur yang harus ada dalam cerpen, untuk memudahkan siswa dapat menulis cerpen dengan mudah. Untuk memenuhi harapan saya itu saya mengajarkan siswa menghafal materi pelajaran dengan menyanyikan lagu. Dalam hal ini saya menggubah lagu yang sedang populer dan digemari oleh siswa.

Supaya siswa saya khususnya kelas XI SMA tidak jenuh dalam belajar cerpen dan mudah dalam menghafal unsur intrinsik serta bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. saya tertantang untuk mengajarkan materi cerpen dengan mudah, kemudian Siswa saya ajak menghafal sambil bernyanyi .Dengan cara ini saya dapat membantu siswa dalam mengingat materi pelajaran yang saya ajarkan.

Lalu saya mencari beberapa lagu yang sesuai dengan kesenangan siswa SMA yang notabene mereka adalah remaja , sebenarnya ada dua pilihan yaitu lagu yang akan saya gubah yaitu Yamko Rambe Yamko lagu daerah berasal dari Papua dan lagu berbahasa Jawa yang sedang trend dan hits. Setelah menimbang-nimbang akhirnya dalam praktik baik ini saya memilih lagunya Deny CakNan yang berjudul Mendung Tanpo Udan, lirik lagunya saya ubah menjadi lirik lagu enam unsur intrinsik di dalam cerpen. Pemilihan lagu ini ternyata pas dengan irama lagu dari Deny cak yang bernada riang dan penuh semangat, apalagi diiringi teman sendiri yang bisa memainkan alat musik gitar. Berikut lirik lagu asli dari Denny Caknan dan Lirik lagu yang saya gubah :


Mendung Tanpo Udan Enam Unsur Intrinsik dalam Cerpen

Karya : Deni Cak Nan Digubah : Purwati Idamaningsih

Awake dewe duwe bayangan Enam unsur intrinsic dalam cerpen

Sesuk yen wis wayah omah-omahan satu tema, dua penokohan

Aku moco koran sarungan tiga alur cerita

Kowe blonjo dasteran Empat latar cerita

Nanging saiki wis dadi kenangan Lima sudut pandang penulis

Kowe lan aku wis pisahan Enam amanat dan pesan moral

Aku kiri kowe kanan wis bedo dalan itulah unsur intrinsik di dalam cerpen



Alhamdulillah tak disangka respon siswa sangat bagus , siswa senang dan semangat belajar cerpen dengan menyanyi lagu kesukaan yang digubah liriknya dengan iringan gitar. Siswa menjadi mudah menghafal enam unsur intrinsik di dalam cerpen. Siswa tidak kesulitan dalam menyanyikan karena mereka sudah familiar dengan irama lagu tersebut. Hanya mengulang tiga sampai empat kali siswa hafal dengan lagu yang syairnya sudah saya gubah, siswa menjadi semangat dan suasana kelas menjadi hidup, sehingga terciptalah pembelajaran yang menyenangkan, serta siswa dapat memahami materi pelajaran.















Biodata penulis :



Purwati Idamaningsih, adalah guru Bahasa Indonesia di MA Yayasan Masyithoh dan MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Memiliki hobi membaca dan menulis. Banyak karya tulisannya sudah dibukukan dalam buku antologi.. Obsesinya menjadi penggerak literasi supaya bisa menebar dan memberi inspirasi menulis bagi orang orang yang ada di sekitarnya. IG : pur_idaman; Email: purida68@gmail.com; Whatsapp: 081391428705



Simak Video Pemaparan Ibu Purwati