Media Perkalian Kanada

12 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Martin Indah, S.Pd., Gr, SDN 2 Kedungrejo

PROFIL MURID:
Kemampuan komunikasi murid pada literasi numerik dalam perkalian dua bilangan masih kurang. Mereka cenderung pendiam dan kurang percaya diri.
AWAL:
Sebagai guru, saya memiliki keinginan agar siswa saya memiliki kemampuan berkomunikasi antarsiswa atau siswa dengan guru, terutama komunikasi matematika dan literasi numerik. Selain itu, siswa mampu mengkomunikasikan gagasan untuk memperjelas keadaan atau masalah.
TANTANGAN: Namun ternyata siswa saya cenderung pendiam, pemalu dan kurang memiliki percaya diri ketika melakukan komunikasi literasi numerik. AKSI:
meminta siswa untuk menggunakannya. Media Perkalian Kanada ini digunakan untuk mengasah kemampuan siswa dalam perkalian bilangan 1 sampai 9, sebagai penguatan atas konsep dasar yang telah dimiliki, dan melatih kepekaan siswa terhadap faktor bilangan. Karena pada dasarnya sebelum siswa menggunakan media ini, terlebih dahulu konsep dasar siswa mengenai perkalian, yang mana
Salah satu upaya yang saya lakukan adalah dengan menyusun dan mengadopsi media perkalian kanada. Kemudian memperkenalkan, mendemonstrasikan dan perkalian merupakan penjumlahan berulang harus sudah ada. PERUBAHAN:
kemampuan berkomunikasi antarsiswa atau siswa dengan guru sebagai jembatan untuk menyelesaikan masalah.
Melalui media Perkalian Kanada yang yang diterapkan melalui metode permainan mampu mengembangkan komunikasi siswa melalui kegiatan literasi numerik. Media Perkalian Kanada dapat digunakan sebagai sarana mengembangkan