Panduan belajar berbasis teknologi

19 Nov 2021 | by Rozza Hastama Wijaya

Pendidikan merupakan hal yang terpenting bagi kehidupan kita sebagai manusia, karena hal tersebutlah yang membedakan kualitas dalam diri, Disini aku tidak berbicara mengenai Pendidikan yang di dapat dari sekolah akan tetapi Pendidikan yang terdapat di setiap kehidupan manusia. Sebagai seorang pembelajar di sekolah yang mengajar mata pelajaran sejarah, saya berharap anak anak dapat memahami semangat dan arti pembelajaran di dalam materi materi sejarah tersebut.

Hampir dua tahun negeri kita ini menghadapai Pandemi, bukan hanya di bidang kesehatan yang berdampak namun ekonomi hingga Pendidikan pun terkena dampak yang sangat besar. Banyaknya perubahan negative yang dialami diri kita, khususnya anak anak dan guru guru di sekolah. Pola pembelajaran yang berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ), hal ini berdampak kepada tingkat karakter stakeholder di sekolah baik guru dan murid, bagiku hal ini menjadi tantangan tersendiri bagiku mengapa?? Karena hal ini mengharuskan diriku untuk dapat lebih kreatif dalam mendidik mereka yang kini sudah bergantuk kepada alat HP/ laptop dan computer , karena Pembelajaran terbaik menurutku bukan hanya teori saja tetapi bisa dipraktikan anak anak secara langsung.

Akhirnya akupun mulai berfikir keras cara apa yang dapat membuat mereka belajar dengan baik, yang bukan hanya dapat memberikan materi namun juga bisa dipraktikan anak anak di dunia nyata mereka, akhirnya ku cari referensi tanya sana, tanya sini, tanya kanan, tanya kiri, kulihat saja banyak pohon cemara ( eeh… kok jadi nyanyi hehehe…), akhirnya saya menemukan bahwa anak anak didik ku banyak yang suka main Instagram. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi diriku yang gaptek ini untuk bagaimana membuat pembelajaran yang bermakna via instagram walaupun ini sulit bukan berarti tidak bisa. Tahapan pertama yang aku lakukan adalah, menjelskan metode yang akan saya lakukan, kemdian aku meminta akun anak anak, sehingga nanti saat penilaian akupun tidak kebingungan, setelah itu buatlah materinya untuk diupload di Instagram saya dengan bantuan aplikasi office dan dibuat semenarik mungkin kemudian diupload dan bisa dikerjakan anak anak.

Alhamdulillah rencana panduan pembelajaran INSTORY yang saya buat cukup menarik bagi anak anak dan merekapun tertantang untuk menjawab materi yang telah diberikan dengan sekreatif mungkin dan sebaik mungkin , hal ini cukup diluar ekspektasi saya karena tanggapan positif yang diberikan anak anak dalam panduan pembelajaran yang diberikan.

INSTORY merupakan panduan pembelajaran yang mengkombinasikan media Instagram dengan pembelajaran sejarah, yang bukan hanya memberikan materi sebatas sejarah tetapi juga memasukan unsur unsur karakter diri di dalamnya, program panduan ini sangatlah bermanfaat dan membuat inspirasi bagi diri saya bahwa pembelajaran dapat juga menggunakan media media yang banyak disukai anak anak, selain dapat memancing kreatifitas hal ini juga membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. 

Kini anak anak telah masuk sekolah, alhamdulillah nilai nilai karakter yang telah mereka pelajari tidaklah luntur, sikap mereka kepada orang lain yang pernah dimasukan di pembelajaran INSTORY dapat mereka praktikan, walaupun masih ada aturan tentang Protokol kesehatan, namun dari gestur dan verbal mereka dapat terbukti bahwa pembelajaran cukup berhasil.


Simak Video Pemaparan Oleh Bapak Rozza Hastama Wijaya