Meningkatkan Kemampuan Analisis Soal pada Materi Sel Volta Melalui Integrasi Edpuzzle pada Google Classroom

19 Nov 2021 | by Arini Fadhilah

Sekolah saya adalah SMK swasta yang terletak di pusat kota walau bukan kota besar. Karena berstatus SMK maka mata pelajaran Kimia bukanlah mata pelajaran yang wajib dikuasai, sehingga murid cenderung tidak tertarik pada Kimia. Apalagi ketika sampai pada materi hitungan dan rumus. Salah satunya adalah materi sel volta yang diajarkan di kelas XII untuk jurusan farmasi. Materi sel volta memiliki rumus dan istilah yang sulit dipahami dan tidak familiar, padahal materi tersebut akan sangat berguna jika nantinya mereka akan terjun ke dunia medis ataupun melanjutkan kuliah jurusan farmasi. Sebagai guru saya ingin murid-murid saya lebih mudah menghafal rumus sel volta, sehingga dapat menganalisis dan mengaplikasikan rumus tersebut ke dalam soal.


Keresahan itupun benar terjadi, murid saya mengalami kesulitan untuk mengingat rumus sel volta yang tidak familiar dan tidak dapat menganalisis penggunaan rumus ketika diberikan soal. Banyak terjadi kesalahan ketika mengaplikasikannya untuk menjawab soal dengan tepat. Jika soal yang diberikan dikaitkan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan istilah asing seperti katoda, anoda, oksidasi, dan istilah lainnya justru  membuat mereka semakin bingung. Berbagai video pembelajaran sudah saya berikan, tetapi banyak dari murid saya cenderung enggan melihat video secara runtut dan lebih suka menonton dengan seenaknya saja.


Dari pengalaman tersebut saya mencoba memberikan video pembelajaran dengan beberapa soal dalam video tersebut, dimana video harus ditonton hingga selesai dan tidak dapat dipercepat. Aplikasi yang saya gunakan tersebut bernama Edpuzzle. Edpuzzle dapat menampilkan video sekaligus soal dalam waktu yang bersamaan. Ketika murid melihat video akan muncul soal sesuai dengan materi yang ada dan murid harus menjawabnya saat itu juga. Kunci jawaban dan skor juga akan langsung muncul ketika murid menjawabnya, sehingga murid dilatih untuk mengingat dan memahami video tersebut dengan cepat. Soal yang berhasil dijawab dalam video tersebut akan langsung muncul dalam laporan guru dan dapat dilihat dalam penilaian di Google Classroom. Hal ini karena Edpuzzle ini dapat diintegrasikan ke dalam Google Classroom. Murid juga dapat mempelajari ulang video dan menjawab soal lagi dengan melihat riwayat penugasan melalui Google Classroom.


Dengan mengintegrasikan Edpuzzle ke dalam Google Classroom ternyata membuat murid memiliki waktu yang fleksibel untuk memahami materi mengenai sel volta. Murid menjadi tertantang dengan model video Edpuzzle dan lebih fokus dalam memperhatikan dan memahami isi video karena berisi soal yang harus dijawab saat itu juga. Murid juga dapat lebih mudah mengingat rumus sel volta, memahami istilah-istilah baru dan mengaplikasikan rumus ke dalam soal. Hasil belajar dan kemampuan murid dalam menganalisis soal pada materi sel voltapun akhirnya mengalami peningkatan.


Simak Video Pemaparan Ibu Arini Fadhilah