Belajar IPA Mudah dan Menyenangkan dengan Quizizz

20 Nov 2021 | by AMMY FIDYANTI, S.Si., M.Pd.

Belajar IPA Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan Quizizz


A: Murid terbiasa menggunakan ponsel pintar dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Murid berasal dari kelas ekonomi yang beragam, yang memiliki HP “kentang”. Murid merasa kesulitan dalam belajar IPA terutama terkait materi Fisika. Pokok bahasan yang sedang dipelajari adalah tentang Gaya dan Gerak. Bagaimana agar belajar IPA dari rumah terasa menyenangkan sehingga murid tetap semangat belajar di tengah suasana pandemi yang membosankan. Bagaimana membantu memahami pembelajaran IPA dengan menggunakan aplikasi yang mudah menyenangkan dan tidak memberatkan murid.


T: Tujuan praktik baik ini untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring dari rumah yang kata murid membosankan dan jenuh. Hal ini merupakan tantangan pembelajaran daring (online) yang berbasis digital seiring dengan berkembangnya teknologi dan Informasi. Tentu saja fenomena tersebut mendorong terciptanya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, efektif, dan efisien. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis digital agar dapat dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan hasil belajar murid. Pada saat pembelajaran online (daring), optimalisasi dalam komunikasi jarak jauh tidak terlepas dengan penggunaan handphone, tablet, atau laptop serta koneksi internet yang dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Guru harus dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menarik dan aktif namun tetap dapat mencapai tujuan pembelajaran. Aplikasi Quizizz ini adalah salah satu diantara beberapa web tool yang dapat menyajikan menu pembelajaran dengan gamifikasi (permainan). Dengan kata lain belajar sambil bermain atau belajar dengan serius tapi santai.


A: Aplikasi yang digunakan adalah Quizizz terintegrasi dengan Canva. Quizizz adalah aplikasi yang dapat di akses melalui Chrome tanpa perlu mengunduhnya. Ringan untuk ukuran "HP Kentang" milik sebagian besar murid. Selain itu, murid dapat menjalankan kuis secara daring bersama teman-teman sekelas (live atau sinkronus) maupun secara tunda (homework atau asinkronus). Quizizz memiliki fitur presentasi interaktif dimana di dalamnya dapat diintegrasikan dengan berbagai sumber belajar lainnya seperti wordwall, you tube, canva dan masih banyak lagi. Mengapa integrasi dengan Canva? Karena Canva memiliki tampilan yang menarik yang membuat murid makin menikmati belajarnya. 


Murid membuka link game Quizizz dan masuk melalui chrome. Menuliskan nama dan masuk ke dalam presentasi interaktif Quizizz, sesuai kode yang diberikan atau melalui link. Setelah membaca penjelasan tentang GERAK dalam bentuk Canva yang terintegrasi dengan Quizizz, murid mengerjakan beberapa soal. Kemudian murid kembali membaca penjelasan tentang GAYA dalam bentuk Canva yang terintegrasi, dan mengerjakan soal (lagi). Sebagai aktivitas penutup, murid diberikan soal mencocokkan dari Wordwall yang mudah dipahami. Terakhir, diberikan pertanyaan "open-ended question” sebagai refleksi pembelajaran. Berikut link quizizz-nya quizizz.com


P: Penulis melakukan survei sederhana untuk mengetahui reaksi murid terhadap pendekatan yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan aplikasi Quizizz ini. Pertanyaan pertama adalah apakah murid merasa senang atau termotivasi bila belajar menggunakan Quizizz.


Dari diagram batang di atas dapat dilihat bahwa batang kesatu dan kedua menjadi jawaban dominan murid. Batang kesatu menunjukkan 33% dan batang kedua berjumlah 32%, Jumlah keduanya menjadi 65%. Ini menunjukkan bahwa murid merasa termotivasi belajar dengan menggunakan quizizz.


Pertanyaan kedua adalah seberapa banyak Quizizz membantu murid dalam memahami pelajaran.


Terlihat dari diagram batang di atas, sebagian besar murid merasa terbantu. Diagram batang kesatu dan kedua berjumlah 70% sedangkan yang merasa tidak terbantu berjumlah 30%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus membantu murid dalam memahami pelajaran.

Simak Video Pemaparan Berikut