Aplikasi Pengembangan Keaksaraan Awal (Mengenal huruf a,ba,ca da,ka,la)

19 Nov 2021 | by Fitri Lestari, S.Pd AUD

Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 dan masih di era pandemi, saya sebagai guru merasa memiliki tanggungjawab yang lebih besar terhadap murid saya dalam penyampaian pembelajaran. Pembiasaan pembelajaran di era pandemi dengan model daring, ternyata penguasaan materi pengetahuan tidak diserap sebagian murid secara maksimal. Hal ini terlihat dalam bidang pengembangan Bahasa dengan tujuan pembelajaran pengenalan keaksaraan awal khususnya mengenal huruf atau membaca awal. Murid saya masih kesulitan memahami huruf dan membedakan suku kata tertentu. Padahal interaksi saya dengan murid saya sangat terbatas saat pembelajaran online, yang tidak memungkinkan melakukan bimbingan khusus untuk setiap anak dalam pengenalan huruf. 

Model pembelajaran yang saya berikan selama ini adalah dengan pengenalan huruf secara klasikal saat online, kemudian memberi tugas mandiri menulis atau membagikan  tugas  berupa lembar kegiatan (LK) setiap minggunya dan membagikan vidio pembelajaran.  Dengan model pembelajaran tersebut, murid saya terlihat kurang aktif, terlihat dari pengumpulan tugas yang tidak maksimal, saat kegiatan tanya jawab (online) murid kurang merespon, dan saat dibagikan vidio pembelajaran sebagian walimurid mengatakan anaknya kurang tertarik dan lebih suka bermain game di gadget. 

Melihat situasi tersebut, saya mulai menyadari bahwa masing-masing dari murid saya memiliki kecenderungan atau gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang tipe audio, visual dan kinestetik. Dengan dasar mencari alternatif pembelajaran yang memfasilitasi 3 model gaya belajar anak tersebut dan melihat perkembangan digital yang mudah dikuasai anak, saya mencoba membuat madia pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan aplikasi genialy. Dalam aplikasi tersebut saya membuat materi pengenalan huruf dengan tampilan menarik untuk memfasilitasi murid dengan gaya belajar visual, materi saya interaktifkan dengan link youtube materi pembelajaran membaca yang saya buat untuk memfasilitasi murid dengan gaya belajar audio dan terakhir saya interaktifkan dengan link kuis online untuk memfasilitasi gaya belajar murid yang kinestetik. 

Melihat begitu banyak aplikasi digital saat ini yang mendukung pembelajaran, saya memilih aplikasi genialy. Setelah login di aplikasi tersebut saya memilih fitur presentasi dan memilih tamplete yang menarik. Setelah membuat aplikasi pengenalan huruf dengan genialy selesai, link materi pembelajaran saya share di grup kelas. Saya juga membuat rekaman tutorial cara penggunaan aplikasi tersebut, yang dimulai dari mengklik link yang saya bagikan, memilih materi pembelajaran berupa vidio, ebook dan kuis. Hasilnya sungguh luar biasa, respon wali murid positif karena lebih mudah mengarahkan anaknya belajar mengenal huruf, murid saya juga terlihat antusias dan tertarik dan yang pasti tujuan pembelajaran yang saya rencanakan di awal dapat tersampaikan dan dipahami murid saya. Dokumentasi penggunaan aplikasi tersebut juga dikirim wali murid sebagai bentuk laporan murid yang telah belajar menggunakan aplikasi yang saya buat. Ketika saya melakukan evaluasi langsung ke masing-masing murid terhadap materi yang saya berikan, ternyata murid yang awalnya kesulitan membedakan bentuk huruf (ba dan da), akhirnya bisa membedakan dan terlihat antusias belajar pengenalan huruf. Murid yang awalnya suka bermain game terfasilitasi dengan bermain game / kuis pembelajaran yang saya berikan. 

Simak Video Pemaparan Ibu Fitri Lestari, S. Pd AUD