PEMANFAATAN MEDIA ALAT PERAGA PEMBENTUKAN URIN DALAM MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 SUNGAI PINANG

01 Dec 2021 | by Syari Hasniyati, S.Pd.

Dalam pembelajaran biologi, murid dapat mempelajari tentang segala hal yang terjadi baik di lingkungan, hewan, tumbuhan, maupun yang terjadi di dalam tubuh manusia. Dalam pembelajaran, sebagai guru saya selalu ingin memberikan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi murid saya. Mengajar dengan menyesuaikan pada kodrat zaman mereka, memperhatikan karakter yang berbeda-beda yang mereka miliki. Dengan tujuan agar murid dapat merasakan belajar yang bermakna yaitu belajar yang menyenangkan dan tentunya tercapai tujuan utama pembelajaran yaitu materi yang diberikan dapat mereka pahami dengan baik. Namun, dalam mendampingi proses belajar selama ini begitu dirasakan kurangnya antusias dan motivasi belajar yang dimiliki murid. Oleh karena itu, saya selalu berusaha mencari ide-ide pengajaran yang baru yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Sehingga belajar bermakna dapat dirasakan oleh murid. 

Pada level kelas XI ini murid-murid mempelajari hal yang berkaitan dengan sistem yang terjadi dalam tubuh manusia. Materi yang sedang dipelajari saat ini adalah tentang sistem ekskresi pada tubuh manusia. Dalam pembelajaran ini menimbulkan sedikit kesulitan dan kendala dalam menjelaskan dan memfasilitasi murid untuk dapat memahami tentang proses yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu yang juga menjadi kendala adalah kurangnya tingkat antusias murid dan murid juga cepat merasa bosan jika disampaikan dengan metode ceramah. 

Hal ini membuat saya harus mencari cara untuk dapat menyampaikan materi ini dengan cara yang menyenangkan dan juga mudah dipahami. Oleh karena itu saya putuskan untuk membuat sebuah media berupa alat peraga yang mampu menggambarkan sebuah proses secara nyata. Dalam materi ini, media yang dibuat adalah media tentang proses pembentukan urin pada manusia. Diawali dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan media alat peraga, proses pembuatan, hingga akhirnya diperoleh media alat peraga yang dapat digunakan. Media alat peraga pembentukan urin manusia ini dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas XI IPA 1. Murid dapat mempraktikkan sendiri dengan menggunakan media alat peraga tersebut dengan cara mengalirkan media air. Dengan media tersebut murid dapat melihat jalannya air yang dianalogikan sebagai darah dimulai dari proses filtrasi, reabsorpsi dan augmentasi dan akhirnya terbentuk urin utama dan masuk ke dalam kandung kemih. Dari proses ini murid dapat membayangkan bagaimana proses yang terjadi sebenarnya di dalam tubuh mereka.

Selama pembelajaran murid terlihat sangat antusias karena mereka langsung belajar dari pengalamannya, mereka sangat bersemangat untuk bergantian mencoba memanfaatkan alat peraga tersebut. Melalui media alat peraga ini diperoleh hasil yang sangat positif. Murid menjadi paham dan mengerti tentang bagaimana proses pembentukan urin yang terjadi di dalam tubuhnya. Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena murid mendapatkan pemahaman dan pengalaman secara langsung dari materi yang dipelajari. Murid jadi semakin memiliki kesadaran bahwa cara untuk menjaga kesehatan ginjal salah satunya adalah kita perlu mengonsumsi air bersih dengan cukup setiap hari. Dari pengalaman ini, saya juga semakin bersemangat untuk mencari ide-ide dan membuat media-media baru untuk materi-materi biologi lainnya.


Simak video Bu Syari disini