Pembelajaran Greget Memakai Padlet

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari Marjenny, M.Pd., SMA Negeri 1 Batang Anai

- Profil Murid
Media padlet ini diaplikasikan bagi murid-murid kelas XII SMA Negeri 1 Batang Anai yang terdiri dari 32 murid usia remaja.
- Awal
Gadget/gawai merupakan device keseharian yang sudah menjadi kebutuhan bagi murid, mereka bisa mengaksesnya sepanjang waktu, Gawai ini bisa mengakomodir PBM daring di masa pandemi.
- Tantangan
- Aksi
Masalah sosial ekonomi yaitu pemakaian kuota internet, ketidakmerataan jaringan internet dan kondisi psikososial murid dan keluarganya yaitu rasa jenuh dan apatis terhadap PBM daring.
Mempersiapkan padlet kelas, melakukan uji coba kepada rekan-rekan guru lain, menyiapkan panduan, meminta murid untuk mengisinya dengan teks captionnya, melengkapi dengan gambar yang sesuai, saling mengomentari tulisan atau caption masing-masing, guru mengomentarinya dengan bahasa verbal positif dan murid mengunggahnya di media sosial masing-masing dengan men-tag nya kepada teman-teman dan gurunya, Murid-murid merasa senang dan antusias yang bisa dilihat dari tingkat partisipasinya dan komentar mereka.
- Pelajaran
Mendesiminasikan padlet di sekolah dalam bentuk IHT dan MGMP tingkat kabupaten, ada pendidikan karakter yang bisa disisipkan dengan membatasi profanity words yang digunakan dan murid merasa senang dan termotivasi untuk menulis captionnya pada padlet.