Aplikasi Teams ASiKQ

11 Dec 2020 | Inovasi Media Ajar dari ZIRFANI, M.PDE, SMKN 2 PADANG

Profil
Saya mengajar Komputer Akuntansi pada siswa Bisnis Manajemen dengan program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga kelas XI Akuntansi di SMKN 2 Padang. 
Pembelajaran Jarak Jauh ini membuat mereka kesulitan untuk memahami pembelajaran. Berdasarkan google form yang saya sebarkan, Sebagian besar dari mereka mengeluh dengan tugas yang diberikan, apalagi mereka tidak dapat mempraktekkan secara langsung langkah-langkah pengoperasian program MYOB yang digunakan dalam pembelajaran ini.
Pada akhirnya mereka berada pada titik jenuh, karena bukan hanya di mata pelajaran ini, bahkan hampir semua mata pelajaran menggunakan metode yang sama.

Tantangan
Banyak faktor penyebab pembelajaran menjadi tidak mengasyikkan bahkan menyenangkan bagi siswa. Dimulai dari rendahnya kesadaran dan motivasi siswa dalam belajar, orang tua yang tidak peduli karena mereka sibuk dengan pekerjaan masing-masing, kondisi keluarga yang masih minim dengan fasilitas komputer untuk menerapkan/mempraktekkan pembelajaran, serta jangkauan jaringan yang kurang bagus dalam pembelajaran jarak jauh. 
Ditambah dengan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan keinginan siswa, sehingga pembelajaran tidak menarik dan menyenangkan bagi mereka. 

Aksi
"Teams ASiKQ", Tatap muka diantisipasi dengan pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Teams. EleArning merupakan aplikasi yang dibuat sekolah untuk menggantikan PBM di kelas, dimana guru bisa mengirimkan tugas dan materi sampai dengan pelaksanaan ujian yang tentunya dilengkapi dengan pengecekkan kehadiran siswa setiap harinya. 

OBS Studio dan Kinemaster merupakan kombinasi 2 aplikasi yang saya gunakan untuk membuat media pembelajaran pada mata pelajaran Komputer Akuntansi dengan program MYOBnya. Quizzi/ Kahoot, merupakan aplikasi yang saya variasikan penggunaanya sesuai dengan keinginan siswa,