Belajar Efektif dengan Mind Mapping

19 Nov 2021 | by Tanti Juli S, S.Pd.

Pada awal tahun 2020, pandemi virus covid-19 memberikan pengaruh dalam berbagai bidang kehidupan khususnya sektor pendidikan karena telah mengubah proses belajar mengajar dari tatap muka di sekolah beralih pada pembelajaran jarak jauh di rumah. Saya merupakan guru bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Welahan, Kabupaten Jepara. Saya mengajar kelas XI SMA, baik jurusan IPS maupun MIPA. Sebagai guru saya mengharapkan murid dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan efektif.Keterbatasan pembelajaran dan penggunaan strategi yang tidak menarik membuat murid kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru sehingga berpengaruh pada rendahnya hasil belajar. 

Menghadapi situasi tersebut agar pembelajaran dapat diterima dengan mudah dan efektif, apalagi yang saya hadapi adalah generasi Z dimana mereka lebih menyukai hal- hal yang praktis dalam proses pembelajaran. Modul- modul pembelajaran yang disajikan dengan jumlah halaman yang banyak tentu tidak mengakomodasi karateristik murid sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang memenuhi kebutuhannya oleh karena itu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan strategi yang menarik, kreatif dan mudah dipahami murid, seperti penggunaan mind mapping dalam layanan bimbingan konseling. 

Layanan bimbingan konseling dapat dijadikan untuk memberikan bantuan pada murid kelas XI dalam menerima proses pembelajaran dengan mudah dan efektif. Pada praktik baik yang saya lakukan lebih mengarah pada strategi belajar murid di rumah dimulai dari persiapan belajar, proses belajar dan pasca belajar yang akan dirancang melalui mind mapping alasan saya memberikan tugas untuk murid membuat rancangan tersebut guna melihat strategi efektif yang mereka lakukan selama belajar dari rumah karena masing- masing murid dapat menyusun dan mengembangkan imajinasinya bahkan menciptakan cara baru untuk menyusun strategi belajar serta memotivasi dirinya agar dapat mengikuti pembelajaran dengan mudah dan efektif. 

Hal tersebut saya lakukan untuk menjaring murid yang masih kesulitan mencari stretegi belajar dimasa pandemi karena sekolah yang saya tempati saat praktik ini dilakukan belum menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas jadi layanan bimbingan masih daring dan pengiriman hasil mind mapping melalui google classroom, nantinya akan dipilih yang terbaik sesuai dengan kriteria dalam rancangan membuat strategi  belajar di rumah. Adapun rancangannya yaitu persiapan belajar mencakup waktu belajar, mempersiapkan buku pelajaran, ruang belajar dan motivasi belajar. Selanjutnya proses belajar meliputi teknik belajar yang digunakan, cara merangkum materi pelajaran dan gaya belajar yang diterapkan, langkah akhir yaitu aktivitas yang dilakukan setelah belajar atau pasca belajar meliputi, mengulang materi pelajaran, melakukan peregangan setelah belajar dan menyusun jadwal belajar. 

Setelah menerapkan rancangan strategi belajar efektif dengan mind mapping, saya mengamati bahwa murid sangat antusias dan berpartisipasi aktif. Meskipun pembelajaran daring tetapi tidak membuat semangat para murid menurun tapi justru memunculkan ide yang kreatif dalam membuat rancangan strategi belajar selama di rumah, murid lebih produktif dengan memanfaatkan aplikasi seperti canva, picsart, aplikasi mind mapping di Android sampai menggambar secara manual dengan desain yang dibuat menarik. Murid memberikan umpan balik dengan mengirimkan rancangan mind mapping ke google classroom. Strategi tersebut dapat membantu meningkatkan minat belajar murid agar tidak mengalami learning loss selama belajar di masa pandemi. 


Simak Video Pemaparan Oleh Ibu Tanti Juli Suraya