Rumpang sebagai media Alat Peraga mitigasi bencana gempa bumi

01 Dec 2021 | by Imaniar Rahmi Utami


Penilaian Harian dengan Quizizz jadi Makin Asyik


Saya ingin murid selalu bersemangat dan antusias ketika saya memberikan pelajaran di kelas, akan tetapi murid kurang bersemangat apalagi ketika pelaksanaan penilaian harian mereka bosan dengan metode pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi. 

Selama ini pembelajaran di kelas sebagian besar dilaksanakan dengan metode tradisional di mana masih sering digunakannya kertas dan pensil dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran seperti pada saat penilaian harian. Murid terlihat kurang antusias dan bersemangat dalam mengerjakan soal penilaian harian tersebut. Kendala yang saya hadapi adalah ketika pelaksanaan penilaian harian murid banyak yang tidak memiliki paket data dalam mengerjakan soal online.

     Salah satu solusi agar membuat murid bersemangat dalam mengerjakan soal penilaian harian adalah saya menggunakan HP Android. Aplikasi yang saya gunakan pada android adalah Quizizz. Dengan menggunakan strategi ini murid sangat menyukainya, mereka sangat antusias dan bersemangat sekali dalam mengerjakan soal. Respons murid dapat ditunjukkan dalam dialog berikut ini.

Usuria : “Wah sangat menarik ya belajar dengan Quizizz.”

Siti : “Iya, menyenangkan sekali. Saya ingin pembelajaran berikutnya 

  menggunakan Quizizz lagi.”

Sunarsi : “Benar teman-teman. Senang sekali belajar dan bermain dengan Quizizz.”

Setelah selesai pembelajaran saya tanyakan ke murid dan ternyata mereka sangat suka dan ingin belajar dengan strategi seperti ini lagi.

Guru : “Bagaimana anak-anak penilaian harian dengan Quizizz?”

Murid : “Seru sekali, Bu Guru.”

Guru : “Kalian mau nanti penilaian harian dengan Quizizz lagi?”

Murid : “Mau, Bu.”

     Murid ingin lagi untuk menggunakan quizizz dalam pembelajaran pada materi berikutnya karena mereka merasa senang. Quizizz memang salah satu aplikasi yang sangat tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas.


Simak video pembelajaran berikut ini