Permainan Kartu Rumus

01 Dec 2021 | by Dra. Darwina Martis

Payah Buk, Sulit Buk, selalu itu kata yang terucap dari murid ketika mempelajari materi menghitung pendapatan nasional.

Menganalisis konsep dan metode serta menyajikan penghitungan Pendapatan Nasional merupakan Kompetensi Dasar (KD) pertama pada semester ganjil bagi murid kelas XI IPS (Peminatan) dan MIPA (Lintas Minat) pada mata pelajaran ekonomi.

Sebagai guru saya ingin murid-murid saya bisa dan terampil menggunakan rumus dalam menghitung pendapatan nasional tersebut serta memiliki semangat dan antusias dalam pembelajaran. memperhatikan apa yang sedang dibahas dan ikut serta secara aktif dalam pembelajaran, supaya tujuan pembelajaran menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional dapat tercapai dengan mudah.


Murid - murid saya sebagian besar merupakan warga masyarakat desa yang rata-rata memiliki kegiatan di luar rumah seperti membantu orang tua ke sawah, menggembala ternak atau berjualan dari pasar ke pasar serta memiliki motivasi belajar yang sangat kurang. Hal ini terlihat ketika sedang belajar mereka tidak antusias memperhatikan ataupun mau terlibat secara aktif. Murid-murid saya lebih suka berjalan-jalan dari satu meja ke meja lainnya ketika sedang belajar untuk menyambangi teman, untuk meminjam pena atau alat tulis lainnya, meminjam buku catatan, buku tugas atau buku cetak, meski di perpustakaan sekolah banyak, mereka malas meminjam. Kesukaan mereka yang lain terutama anak laki-laki adalah ikut serta ketika ada kelas lain sedang olah raga mereka mau minta izin dengan berbagai alasan untuk itu.


Saya mulai berfikir dan mencari ide dengan cara apa murid-murid bisa mengikuti pembelajaran sesuai dengan kondisi mereka yang suka jalan-jalan dalam kelas tersebut dan yang mereka butuhkan untuk memahami dan bisa menghitung pendapatan nasional berdasarkan konsep dan sesuai dengan metodenya. Teringat pernah melihat murid-murid ketika mengikuti pelajaran olahraga ada kegiatan memindahkan bola dari satu tempat ke tempat lainnya ada yang jalan ada juga yang berlari, maka ditemui guru olah raga dan bertanya tanya seputar kegiatan yang dimaksud ternyata benar ada termasuk Permainan Kecil Lari Bolak Balik Memindahkan Bola. Ship sesuai jadilah membuat media pembelajaran permainan kartu rumus.

Membuat media pembelajaran berdasarkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan Wardah Inspiring Teacher 2021 yang benar- benar memotivasi yakni “ mulai saja dulu, kesempurnaan menyusul”. maka di rancanglah membuat media tersebut yang kemudian diberi judul Permainan Kartu Rumus. Media yang dibuat benar-benar sederhana, menggunakan karton manila yang kebetulan ada di rumah, spidol, dan styrofoam yang juga sudah ada karena pernah juga membuat media menggunakan styrofoam tersebut. Kemudian meminta tolong kepada mahasiswa yang sedang praktek lapangan untuk menuliskan rumus yang dimaksud dan memotong motong karton seolah-olah menyerupai kartu, meski sebenarnya belum. Setelah media selesai segera diujicobakan kepada murid beruntung sekolah sudah mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Kaget juga murid karena kegiatan uji coba tersebut dadakan, diberi penjelasan mereka dengan senang hati mau ikut serta meski agak gagap. Kegiatan uji coba penggunaan media dimulai langkah-langkah sebagai berikut pertama meminta bantuan murid laki-laki 6 orang untuk menempelkan styrofoam di papan tulis menggunakan lakban, masing-masing menempelkan satu papan dan langsung diberi nama sesuai konsep pendapatan nasional ada papan GDP, GNP, NNP, NNI, PI dan DI. sementara murid perempuan meletakkan kartu-kartu rumus di meja bagian belakang ruang kelas. Kedua secara bersama-sama anak laki-laki dan perempuan menggeser meja dan bangku ke pinggir sehingga ada ruang terbuka untuk mereka lalui selama permainan. ketiga disampaikan pembagian tugas murid perempuan menunggu di samping papan permainan di depan kelas dan murid laki-laki bertugas mengambil kartu rumus dan membawanya ke depan kelas untuk diberikan ke murid perempuan tadi guna, ditempelkan di papan permainan tersebut.. Mulai satu persatu murid laki-laki mengambil dan membawa kartu rumus dan memberikan kepada temannya untuk menempelkan kartu tersebut sesuai dengan konsepnya, bolak balik sampai kartu- kartu tersebut habis. Ternyata ada beberapa yang salah rumusnya, kemudian bersama-sama membetulkannya. Usai bermain murid diberi lembaran angket uji coba permainan papan dan diminta mengisi sesuai dengan apa yang didapatkan dan pahami dari permainan tersebut. Rata -rata mereka menuliskan setuju di semua pernyataan angket tersebut, dan menyatakan paham oo ini rumus menghitung GNP, NNP, NNI, PI dan DI. Sedangkan Guru yang mengisi angket Mitra menyarankan untuk lebih seru permainannya menggunakan peluit untuk aba-aba mulai, stop, dan selesai.

Untuk revisi media pembelajaran perlu dilengkapi dengan gambar untuk ditempelkan di papan GDP yang ketika ujicoba terlihat kosong. Dan sudah dilengkapi ketika mengisi submit media pembelajaran papan permainan. 

Permainan Kartu Rumus memberikan pelajaran bagi saya untuk melibatkan murid, berkolaborasi dengan mereka dalam pembelajaran, sehingga dapat mendorong mereka untuk aktif dan tahu apa yang sedang mereka pelajari, pembelajaran terasa menyenangkan dan mereka lebih paham tentang rumus menghitung pendapatan nasional sesuai konsepnya, dan ketika diberikan tugas menjawab beberapa soal menghitung pendapatan nasional mereka sudah antusias menjawab karena teringat permainan rumus kemaren. 


Terima Kasih Wardah Inspiring Teacher 2021 telah diberi ilmu yang benar-benar luar biasa, mulai dari pengetahuan merdeka belajar, sampai berlatih menjadi guru penulis.



Simak video Pemaparan Ibu Darwina Martis